Cara dasar Memaintenance komputer

hai!!!
ketemu lagi (emank pernah ketemu -_-), ywdhlah sekarang kita langsung ke aja topik kita kali ini yaitu CARA MEMAINTENANCE KOMPUTER.
Ada pertanyaan bagi para pengguna komputer yang awam. Kok komputer gua ngehang sih? kok laptop gua jadi lambat sih? kok kinerja laptop w jelek padahal gak suka diapa-apain? padahal masih baru? dan blablalba....
gak diapa-apain bukan berarti gak akan ngehang! terkadang, orang suka berpikiran kan gua gak ngerti komputer? kan w masih baru punya laptop kan gua blablabla... (gaje). padahal cari di internet juga bisa. laptop suka ngehang karen banyak hal, ada yang kebanyakan file, kebanyakan registry, file yang tertata tidak rapih, ram yang tak cocok dengan OS dan sebagainya.


Bila kinerja komputer melambat, itu karena temen-temen jarang MAINTENANCE KOMPUTER. Padahal, maintenance komputer sangat diperlukan meskipun hanya sebulan sekali. Bisa banyak hal yang menjadi penyebabnya :
  • Terlalu banyak program yang terinstall, hal tersebut bisa terjadi karena banyak program yang berjalan di background, hal ini tidak akan menjentu saja membuat komputeadi masalah bila Processor (misal yang Duo, ya yang Core Two Duo) dan RAM yang anda miliki cukup besar kapasitasnya (minimal 1 GB untuk windows XP, minimal 2 GB untuk vista)
  • Harddisk yang tidak pernah di defragment. di defragment, ini membuat komputer membaca hardisk menjadi lambat, karena lokasi filenya tidak tertata rapih. Ibaratnya kalau kita bersih-bersih dan merapikan buku. Tenang aja, defragmenet tidak berbahaya kok (emank bom). Malahan sangat menguntungkan. Contohnya :Membuat Performa Komputer / Leptop kamu menjadi Optimal,Komputer kamu gak gampang Ngehang,Komputer kamu jadi lebih Better.
  • Sering install dan uninstall program, hal ini menimbulkan terjadinya penumpukan “sampah registry” yang cukup mengganggu kinerja komputer.
  • Terinfeksi adware dan atau spyware, hal ini selain membuat kinerja komputer lambat karena program” menyebalkan ini bekerja secara background, dan juga melambatkan koneksi internet kita, karena program” ini mengirimkan data data yang berada dalam komputer kita secara kontinyu melalui internet, yang (lagi lagi menyebalkan) tidak diketahui oleh kita tanpa ilmu dan program pendeteksi yang cukup baik.
Untuk mengatasinya, ada beberapa alternatif:
  • Upgrade RAM, sesuai dengan batasan, bila menggunakan processor, bisa dilakukan upgrade jika motherboardnya mendukung.
  • Defragment hardisk secara teratur, setidaknya 1 bulan sekali, lebih sering lebih baik, cukup menggunakan defragmenter yang disediakan oleh windows (start >> all programs >> accessories >> system tools >> disk defragmenter
Gambar akan terlihat seperti ini

  • Untuk membersihkan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer, gunakan registry cleaner yang cukup baik, bisa menggunakan yang free seperti Glarysoft Registry Repair , atau yang licensed seperti Tune Up Utilities 2008.
  • Adware dan spyware sering tidak terdeteksi oleh kebanyakan antivirus, termasuk kaspersky ataupun AVG, apalagi norton (sori buat yang pake norton). Untuk mendeteksi, saat ini ada tool yang sangat bagus, freeware pula!! Silahkan coba Spybot Search & Destroy 1.4 di sini.
Untuk maintenance kinerja komputer, lakukan defragment, pembersihan registry, pengecekan virus menggunakan antivirus yang dipilih, dan pengecekan adware dan spyware secara rutin!! Dijamin komputer anda akan tetap cepat kinerjanya walaupun sudah berusia lebih dari satu tahun.
Oh iya, system restore merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan baik oleh virus, adware maupun spyware, dengan cara menyimpan datanya di data system restore, sehingga bila dilakukan restoring, akan muncul kembali.
Perlindungan komputer tidak akan lengkap tanpa antivirus.Antivirus internasional apa yang patut dipakai? Saya merekomendasikan Kaspersky Antivirus (licensed) atau Avast Antivirus. Avast merupakan antivirus gratisan terbaik, disusul oleh AVG Antivirus. Tetapi menurut saya, kaspersky sampa saat ini merupakan antivirus dengan engine paling cerdas, selama gw pake gak ada false detection seperti yang terjadi pada AVG atau NOD-32. Kelemahannya kaspersky ini, cukup memakan resource bila dibandingkan dengan AVG, NOD-32 atau Avast. Tapi bila dibandingkan dengan Norton atau McAfee, tentu jauh lebih ringan.
Untuk mengatasi virus virus lokal Indonesia, paling mantap dibantai menggunakan ANSAV, selain gratis, antivirus ini dibuat dan dimaintenance oleh komunitas Reverse Engineering Indonesia, yang salah satu anggotanya adalah pembuat antivirus khusus untuk brontok. Sayang nya website ANSAV lambat bila di akses dari luar Indonesia.
Semoga bermanfaat ^^

Thanks to http://rahmattz.wordpress.com
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to Cara dasar Memaintenance komputer :

Posting Komentar

 
ICT CLUB SMAVO Design by Trick and Tips Powered by Blogger